Rabu, 27 Agustus 2014

ITP (Ilmu dan Teknologi Pangan)

Hy Friends! Sekarang saya memposting tentang jurusan yang saya pilih di UMM yaitu ITP (Ilmu teknologi pangan). Apa sih ITP itu? ITP atau bahasa kerennya Food Science and Technology adalah ilmu yg mempelajari tentang pengolahan makanan secara teknologi/modern mulai dari pemrosesan, pengawetan, pengemasan, penyimpanan hingga pendistribusiannya ke konsumen/masyarakat.





Saat ini banyak universitas di Indonesia yg memiliki jurusan ITP, seperti UMM, UB, Unpad, IPB, UGM dll.Alasan diadakannya jurusan ini di Indonesia karena sadar bahwa setiap orang membutuhkan makanan apalagi sekarang banyak orang yg ingin makanan yg instan/siapjadi, oleh karena itu industri pangan saat ini sangat membutuhkan lulusan-lulusan ITP yg bisa bekerja untuk menghasilkan produk pangan yg berkualitas dan mampu mewujudkan produk pangan yg memiliki sifat aman, sehat, bergizi, halal dan bermanfaat bagi konsumen.

Lalu apa prospek kerja ITP kedepan? Seperti kebanyakan orang awam yg memandang rendah jurusan ITP bilang kalau kedepan pasti kerjanya bertani/yg berhubungan dengan pertanian. Padahal prospek kerja ITP sangat luas.Lulusan ITP bisa bekerja di industri/perusahaan pangan seperti PT.Indofood dll, di lembaga pendidikan sebagai dosen, di lembaga penelitian sebagai peneliti dan bahkan bisa berwirausaha dibidang pangan misal membuka restoran/toko kue.



Nah itulah sekilas informasi tentang jurusan saya. Bagi kamu-kamu yg suka pelajaran kimia di waktu SMA, cocok masuk disini. Karena di ITP banyak mata kuliah yg berhubungan dengan kimia dan juga banyak kegiatan laboratoriumnya. See you soon friends! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar