Rabu, 27 Agustus 2014

TIPS dan TRIK Mencari Informasi di Google dengan Mudah

Hello again friends! Kali ini saya akan berbagi tips dan trik cara cepat mencari informasi di google yg saya dapatkan di PATI UMM (Pelatihan Aplikasi Teknologi Informasi).
Teman-teman tentunya seringkan mencari informasi/referensi di internet khususnya di
mbah Google? Hehe.Biasanya, yg muncul ketika kita memasukkan kata kunci di kotak pencarian, akan keluar link-link dari beberapa situs. Misal dari situs facebook, blogspot, yahoo, koran dll. Sebenernya itu bagus, kita tinggal mengklik yg mana kita mau, tapi rata-rata orang hanya ingin menampilkan yg dari beberapa situs saja/bahkan dari 1 situs saja.Nah bagaimana caranya teman-teman? Saya akan memberikan tips dan triknya.  

  •  Pertama, buka www.google.co.id lalu masukkan kata kunci di kotak pencarian, misal perkembangan teknologi informasi.
  • Misalnya teman-teman ingin yang keluar dihalaman pencarian adalah situs blogspot saja, maka ketik di kotak pencarian, “perkembangan teknologi informasi blogspot.com”  maka otomatis yang muncul dihalaman adalah situs-situs blogspot saja.

Lalu bagaimana jika teman-teman ingin mencari informasi dalam bentuk dokumen MS.Word, Excel ataupun MS. Power point?Caranya adalah :

  • Buka www.google.co.id lalu masukkan keyword di kotak pencarian misal perkembangan teknologi infomarsi (spasi) filetype:doc.Dan pasti hasilnya yg keluar dihalaman pencarian adalah situs-situs yg bentuknya dalam MS.Word yaitu dengan adanya tanda/tulisan ‘Doc’ di pojok atas sebelah kiri.
  • Kalau ingin mencari informasi dalam bentuk excel atau powerpoint ataupun pdf juga bisa, dengan menambahkan ‘filetype:xls / filetype:ppt / filetype:pdf’ di belakang keyword, seperti contoh diatas.

Caranya mudah sekalikan teman-teman? Sebenarnya google juga telah menyediakan menu untuk mensetting agar mempersempit pencarian yaitu di menu alat penelusuran.Caranya adalah :

  • Buka www.google.co.id lalu masukkan keyword di kotak pencarian misal teknologi.
  • Lihat di atas sebelah kanan ada menu 'alat penelusuran', klik lalu pilih option diatas dan diatur sesuai keinginan. Misal negara mana saja, kapan waktu yg diinginkan, semua hasil/apa adanya.


Nah itulah beberapa tips dan trik yg saya dapat kan dari PATI UMM. Semoga bisa membantu teman-teman dan bermanfaat! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar