Selasa, 26 Agustus 2014

My Hometown

Jeddah City

Hello friends! Kali ini saya akan memposting tentang kota Jeddah, Saudi Arabia, kota kelahiran saya. Hehe. Mungkin kebanyakan dari teman-teman sedikit yang mengetahui tentang kota jeddah. Jeddah adalah kota yang terdapat di negara Saudi Arabia. Kota ini terkenal dengan tempat pelabuhan para jamaah haji Indonesia tiba di Saudi. Letaknya yg strategis membuat kota ini berbeda dengan kota-kota lain yang ada di Saudi. Kota ini juga terkenal karena berada di pesisir Laut Merah (Red Sea) yang memiliki air mancur tertinggi dan sangat indah. 


Air Mancur di Laut Merah (Red Sea)


Ciri khas dari kota ini selain memiliki pesona air mancur yg indah, yaitu memliki banyak pusat/tempat perbelanjaan terpopuler di Saudi Arabia. Contohnya adalah Balad/Corniche yang pasti pengunjung/jamaah haji Indonesia datang ke sana dan biasanya berbelanja disana. Karena biasanya di Balad ini banyak toko-toko Indonesia yang pegawai/pekerjanya mukimin/orang Indonesia loh. Jadi jamaah dapat dengan mudah berinteraksi dan berbelanja di sana. Contoh toko Indonesia yg terkenal di Balad adalah Toko Ali Murah dan Toko Amir Murah. Di toko-toko tersebut banyak souvenir/oleh-oleh yg biasanya dicari oleh jamaah haji seperti pacar kuku/henna, tasbih batu kauka, celak mata, kerudung arab dll. Dan dijeddah juga banyak sekali mall-mall yg didalamnya terdapat tempat/toko bermerk seperti Zara, Centrepoint, Gazzaz, Giordano, Gucci, dll.

Selain tempat/pusat belanja, di Balad juga terdapat bangunan tua yg berasal dari kebudayaan kuno sekitar abad ke 7 Masehi. Dulunya, bangunan tersebut sebagai tempat masuk-keluarnya perdagangan di Jeddah. Oleh karena itu, pemerintah Saudi menetapkan kawasan Balad ini sebagai tempat sejarah dan obyek wisata.


Banguna Tua Di Balad

Terdapat 2 musim di kota jeddah ini yaitu musim panas dan musim dingin. Ketika musim panas, suhu udara bisa sampai 45-50 derajat. Wah asli panas bangeeettt kawan. Ac gak mempan. Hehe. Biasanya musim panas di mulai dari bulan Juni-November. Sedangkan kalau musim dingin, brrrrr dingin banget! Suhu udara kadang bisa sampai 15 derajat. Musim dingin biasanya dari bulan Desember-April. Di jeddah ini jarang hujan teman-teman. Malah terkadang hujan turun 2 tahun sekali. Bukan kayak Indonesia ya sering hujan? Hehe. Oleh karena itu, kota jeddah sering disebut kota gurun.


Makanan khas yg terkenal dari kota jeddah ini adalah Al-Baik yaitu seperti KFC tetapi produk/buatan perusaahaan Saudi, Ful-Tamis yaitu semacam roti dan saus kacang merah yg kental,  Shawarma, Sambosa, Nasi Bukhari, Nasi Kabsa dll.

AL-BAIK


Ful-Tamis


Shawarma


Nasi Bukhari


Nah, sekian dulu kawan-kawan deskripsi tentang kota jeddah. Semoga bermanfaat ya. See you soon! :)

sumber : http://wisatahaji.com/wisata-belanja-di-kota-jeddah/
                http://www.lombokita.com/khazanah/kota-tua-jeddah-identitas-budaya-arabsaudi#.U_1CraiSwm8

Tidak ada komentar:

Posting Komentar